Penyebab Nocturia di malam hari

Penyebab Nocturia di malam hari

Penyebab Nocturia di malam hari
Penyebab Nocturia di malam hari
Ketika sedang tidur dan kamu terbangun saat tengah malam. Tiba-tiba kamu merasa ingin buang air kecil. Apakah kamu sering mengalami hal tersebut? Saat kamu merasa demikian, bisa jadi kamu merasa tidak nyaman dan merasa terganggu. Kondisi demikian disebut dengan nocturia.

Menurut pakar netdoctor yang dilansir dari womansday.com menjelaskan nocturia adalah keinginan untuk pergi ke toilet saat tengah malam. Hal ini bisanya dialami oleh para pria lanjut usia, yang mengalami pembesaran prostat. Meskipun sering terjadi pada para pria, nocturia juga bisa terjadi pada wanita.

Nocturia disebabkan karena tubuh mengalami perubahan pola hidup. Jadi saat kamu terbiasa buang air kecil saat siang hari sekarang berubah menjadi malam hari. Selain itu kebiasaan minum terlalu banyak juga bisa menjadi penyebab mengapa kamu merasa ingin buang air kecil saat malam hari. Ladies, berikut adalah cara untuk mengurangi keinginan untuk buang air kecil saat tengah malam yaitu:

1.      Berhenti minum sebelum tidur untuk mengosongkan kandung kemih kamu. Bukan berarti kamu tidak minum sama sekali sepanjang hari.

2.      Mengonsumsi yoghurt. Catat kamu mulai meminumnya dan lihat perbedaan yang terjadi antara sebelum dan sesudah minum yoghurt.

3.      Hindari minuman panas yang mengandung kafein. Minuman berkafein tidak hanya kopi, teh juga mengandung kafein. Jadi untuk menghindari buang air kecil saat malam hari, hindari minum teh dan kopi sebelum tidur.

4.      Jika kamu merasa khawatir dengan nocturia yang kamu alami. Segera konsultasikan kepada dokter. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati.





EmoticonEmoticon