Penyakit Yang Diakibatkan Cacing Pita

Penyakit Yang Diakibatkan Cacing Pita

Penyakit Yang Diakibatkan Cacing Pita
Penyakit Yang Diakibatkan Cacing Pita
Serangan cacing pita yang menginfeksi tubuh sebenarnya bisa saja berasal dari proses pengolahan dan pemasakan daging sapi atau babi yang kurang hygiene, seperti proses pencucian daging yang kurang bersih atau proses pemasakannya yang kurang matang seperti sate dan steak. Cacing pita ini memiliki ciri khas yaitu tubuhnya pipih serta badannya beruas-ruas untuk alat perkembangbiakan dan tubuhnya bisa mencapai panjang hingga lebih dari 8 m yang pernah ditemukan pada seekor sapi yang terinfeksi. Apabila menginfeksi manusia, cacing pita ini dapat menyebabkan berbagai gangguan penyakit susulan. Jenis dan Macam

Ada beberapa macam penyakit yang diakibatkan cacing pita dan merupakan efek samping yang ditimbulkannya, yaitu:
1.      Maal nutrisi.
Cacing pita yang menginfeksi tubuh ini menempelkan kait pada kepalanya pada dinding usus untuk menghisap sari makanan seperti protein dan karbohidrat. Sari makanan dan karbohidrat yang diserap tiap harinya ini, jumlahnya tergantung dari ukuran panjang cacing. Makin besar dan panjang ukurannya, maka jumlah sari makanan yang diserap juga makin banyak. Akibatnya tubuh inangnya makin lama akan makin kekurangan nutrisi.
2.      Alergi.
Beberapa reaksi yang ditimbulkan oleh sekresi dari cacing pita ini juga dapat menimbulkan serangan alergi atau hipersensitifitas pada tubuh, seperti perut kejang, mual atau bahkan muntah berlebihan. Beberapa juga mengalami demam dan sakit kepala akibat produksi histamin yang berlebihan oleh tubuh.
3.      Gangguan pencernaan.
Pada beberapa keadaan, sekresi yang dihasilkan cacing pita ini pada akhirnya dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan seperti diare, perut kembung, mual atau bahkan disentri. Gangguan pencernaan seperti diare ini juga mengakibatkan bahaya yang lebih besar seperti kemungkinan dehiderasi dan penurunan kecerdasan atau keterlambatan berpikir.



EmoticonEmoticon