Penelitian Membuktikan, Minum Kopi Perbesar Potensi Keguguran

Penelitian Membuktikan, Minum Kopi Perbesar Potensi Keguguran

Penelitian Membuktikan, Minum Kopi Perbesar Potensi Keguguran
Penelitian Membuktikan, Minum Kopi Perbesar Potensi Keguguran
Bagi banyak pasangan suami istri, anak adalah karunia yang dititipkan Tuhan untuk dijaga dan dirawat dengan baik. Anak juga jadi dambaan banyak orang yang sudah menikah. Itulah mengapa berita kehamilan pasti jadi kabar bahagia yang patut dirayakan. Itu juga mengapa ibu hamil wajib menjaga kondisi kandungan agar hal-hal buruk yang tidak diinginkan seperti keguguran terjadi. Salah satu faktor yang bisa memperbesar kemungkinan keguguran adalah dari makanan dan minuman. Dan ternyata, minuman yang banyak disukai orang berikut ini termasuk yang cukup bahaya.

Berdasarkan sebuah penelitian terbaru, minum kopi berkafein tinggi 2 kali sehari pada minggu-minggu menjelang  melahirkan ternyata bisa meningkatkan potensi keguguran hingga dua kali lipat. Potensi keguguran juga meningkat jika ibu hamil lebih dari 2 porsi kopi berkafein selama 7 minggu pertama masa kehamilan.

Kafein memang sudah diketahui bisa memperbesar kemungkinan keguguran pada penelitian-penelitian kesehatan sebelumnya, namun yang menjadi berita baru pada penelitian ini adalah konsumsi kopi pada pria ternyata juga menjadi faktor yang mempengaruhi kesehatan istri.

Masih belum diketahui secara pasti mengapa kafein memperbesar kemungkinan keguguran, diduga kafein kemungkinan mematikan beberapa gen atau kualitas tertentu pada sperma. Namun para peneliti sudah yakin bahwa konsumsi kafein berlebih memang tak baik untuk kandungan.

Kebiasaan minum kopi sebelum hamil juga mempengaruhi masa kehamilan. Jadi sebaiknya kamu berhenti konsumsi kopi jika memang merencanakan untuk hamil. Persiapkan tubuh terlebih dahulu agar bebas kafein, jaga berat tubuh dan perbanyak nutrisi dari makanan.



EmoticonEmoticon