Manfaat Keji Beling Bagi Kesehatan

Manfaat Keji Beling Bagi Kesehatan

Manfaat Keji Beling Bagi Kesehatan
Manfaat Keji Beling Bagi Kesehatan
 Banyak sekali jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai tanaman herbal untuk kesehatan dan pengobatan penyakit. Namun,  sebagian besar orang tidak mengerti semua jenis tanaman herbal tersebut beserta kegunaannya. Salah satunya adalah tanaman keji beling. Sebagian besar orang belum mengetahui tentang tanaman keji beling, padahal tanaman ini biasanya tumbuh liar di perkarangan rumah dan di lahan-lahan kosong.

Masyarakat Jawa menyebut keji beling dengan nama sambang getih. Pada umumnya, tanaman ini banyak digunakan sebagai obat disentri. Bagi pembaca yang belum mengetahui keji beling, pada kesempatan kali ini juga akan diberikan sedikit informasi tentang ciri-ciri tanaman keji beling. Tanaman ini mempunyai bentuk daun yang khas, bagian atas daunnya berwarna hijau dan bagian bawahnya mempunyai warna ungu termasuk tulang-tulang daunnya. Keji beling mempunyai tangkai daun yang panjang, mempunyai bulu yang berhadapan pada pangkalnya.

Adapun manfaat dari keji beling diantaranya adalah sebagai berikut ini :
1.      Mencegah dan Mengatasi Penyakit Kanker
Tanaman keji beling, terutama pada bagian daunnya mempunyai sifat beracun bagi sel-sel kanker, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi sel-sel kanker tanpa merusak sel yang sehat. Selain itu, juga mempunyai kandungan antioksidan yang dapat digunakan untuk menghindari resiko terkena radikal bebas.
2.      Menyembuhkan Penyakit Batu Empedu
Penyakit batu empedu merupakan jenis penyakit yang serius sehingga harus segera diatasi. Penyakit batu empedu juga bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi ramuan keji beling. Membuat ramuan dari daun keji beling mudah untuk dilakukan, ambilah daun keji beling sebanyak 5 – 6 lembar, cucilah hingga bersih daun tersebut kemudian rebuslah menggunakan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya, saring dan minumlah ramuan tersebut saat dingin.
3.      Mengobati Diare
Diare atau kondisi buang air besar yang tidak beraturan merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan pencernaan, masuk angin atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas. Untuk mengatasinya, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi ramuan daun keji beling. Ambilah 3 – 5 lembar daun keji beling yang sudah dicuci bersih, rebuslah daun tersebut dengan menggunakan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, diamkan dan saringlah untuk diminum saat dingin.
4.      Mengobati Gatal Akibat Bulu Ulat
Ulat merupakan hewan yang mempunyai bulu-bulu halus yang memberikan efek gatal saat terkena permukaan kulit. Rasa gatal tersebut sangatlah menganggu dan dapat menimbulkan bentol-bentol merah. Hal ini bisa diatasi dengan menggosok-gosokkan daun keji beling pada bagian kulit yang terkena.

5.      Mengobati Diabetes Mellitus
Diabetes merupakan jenis penyakit yang serius, penyakit ini bisa disembuhkan dengan cara mengkonsumsi daun keji beling secara teratur. Caranya cukup mengambil 4 lembar daun keji beling yang sudah dibersihkan, kemudian makanlah secara langsung. Agar tidak begitu terasa, konsumsilah daun tersebut sebagai lalapan.
6.      Meredakan Nyeri Lambung
Walaupun maag termasuk dalam golongan penyakit ringan, namun tetap tidak boleh disepelehkan. Penyakit maag akan menyebabkan lambung terasa nyeri dan perih, untuk meredakannya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi 3 lembar daun keji beling yang sudah dibersihkan sebagai lalapan.





EmoticonEmoticon