Manfaat Luar Biasa Temulawak Selain Sebagai Penambah Nafsu Makan

Manfaat Luar Biasa Temulawak Selain Sebagai Penambah Nafsu Makan

Manfaat Luar Biasa Temulawak Selain Sebagai Penambah Nafsu Makan
Manfaat Luar Biasa Temulawak Selain Sebagai Penambah Nafsu Makan
Temulawak merupakan salah satu rempah yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Temulawak atau yang memiliki nama latin Curcuma Xanthorhiza Roxb adalah rempah yang memiliki segudang nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. Biasanya, temulawak digunakan sebagai jamu untuk anak-anak agar memiliki nafsu makan yang baik. Temulawak merupakan salah satu rempah yang memiliki warna kuning, aromanya cukup harum dan rasanya sedikit pahit pedas. Selain sebagai penambah nafsu makan, rempah satu ini memiliki beragam manfaat luar biasa untuk kesehatan. Beberapa manfaat lain dari temulawak adalah:

1.        Mengobati Kanker
Dalam sebuah jurnal ilmiah berjudul The Prostate, temulawak dikatakan sebagai rempah yang efektif mengobati penyakit kanker. Kanker yang bisa diobati dengan memanfaatkan temulawak antara lain adalah kanker payudara, kanker usus dan prostat. Beberapa study yang dilakukan di The University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa kandungan nutrisi temulawak bisa membunuh pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
2.             Mengobati Sakit Kepala Dan Masuk Angin
Kandungan nutrisi yang ada dalam rempah temulawak dipercaya sangat baik untuk mengobati sakit kepala maupun masuk angin. Minum 2 sampai 3 gelas jamu temulawak saat sakit kepala, dipercaya hal ini bisa meredakan sakit kepala dan tubuh pun kembali sehat serta bugar.
3.             Meredakan Sakit Perut Saat Menstruasi
Tidak jarang, seorang wanita akan mengalami nyeri perut ketika menstruasi. Agar rasa sakit itu bisa reda, disarankan agar minum jamu temulawak. Nutrisi yang ada di dalam temulawak bersifat dingin sehingga bisa meredakan nyeri akibat menstruasi.
4.             Mengatasi Gangguan Pencernaan

Beberapa masalah atau gangguan pencernaan seperti perut kembung, diare, dyspepsia dan indisgestion bisa diatasi dengan mengkonsumsi temulawak secara teratur. Pada tahun 2006, Clinical Gastroenterology and Hepatology mengatakan bahwa beberapa pasiennya yang mengalami masalah pencernaan kondisi semakin membaik sejak ia mengkonsumsi jamu temulawak secara teratur.


EmoticonEmoticon