Manfaat Alpukat untuk Rambut

Manfaat Alpukat untuk Rambut

Manfaat Alpukat untuk Rambut
Manfaat Alpukat untuk Rambut
Indonesia mempunyai kekayaan alam yang sungguh luar biasa. Sebagai penduduk asli Indonesia, kita semua dimanjakan dengan alam sehingga dapat memanfaatkannya, mulai mengkonsumsi buah-buah, memanfaatkan batu dan kayu untuk membangun rumah dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari alam.
Alam telah menyuguhkan berbagai jenis buah-buahan yang enak dan nikmat untuk dikonsumsi. Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan dibahas tentang buah alpukat. Alpukat merupakan buah yang terkenal dengan rasanya yang gurih dengan teksturnya yang lembut. Ada banyak jenis buah alpukat tetapi yang paling terkenal adalah alpukat mentega karena mempunyai daging tebal, biji kecil dan warna daging buah hampir mirip seperti mentega. Apapun jenisnya, semua alpukat mempunyai kandungan nutrisi dan manfaat yang sama.
Menganalisir informasi dari situs bernama infomanfaat.com, di dalam 100 gram buah alpukat terdapat kandungan nutrisi berupa vitamin A, vitamin C, vitamin E, betakaroten, klorofil, kalori, protein, lemak, kalsium, fosfor dan serat. Berkat adanya kandungan nutrisi tersebut membuat buah alpukat bermanfaat untuk rambut. Hal ini sudah terbukti karena sudah banyak produk kecantikan dan perawatan rambut yang menggunakan buah alpukat sebagai salah satu komposisi pembuatannya.
Untuk lebih jelasnya, mari ketahuilah manfaat alpukat untuk rambut yang dikutip dari manfaat-kesehatan.com. Adapun manfaat alpukat untuk rambut adalah sebagai berikut ini :
Manfaat Alpukat untuk Rambut
1.            Mengatasi Masalah Rambut Bercabang
Biasanya untuk mengatasi masalah rambut bercabang dilakukan dengan memotong ujung rambut. Bagi seorang wanita yang mencintai rambut panjangnya, memotong sebagian rambutnya merupakan keputusan yang sulit untuk dilakukan. Jangan khawatir, karena ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah rambut bercabang, yaitu dengan menggunakan buah alpukat. Kandungan minyak alami yang terdapat di dalamnya berfungsi untuk menutrisi rambut hingga ke ujung sehingga dapat mengatasi rambut bercabang, memperbaiki ujung rambut yang rusak dan melindungi kekuatan rambut.
2.            Mempercepat Pertumbuhan Rambut
Mempunyai rambut yang tipis ataupun pendek, biasanya membuat beberapa wanita merasa minder. Untuk mengatasinya, biasanya mereka memilih untuk menggunakan obat penumbuh rambut. Akan tetapi, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan rambut, yaitu dengan menggunakan masker alpukat. Jika digunakan secara teratur masker buah alpukat dapat merangsang dan mempercepat pertumbuhan rambut, sehingga rambut menjadi lebih bervolume, lebat dan cepat panjang.
3.            Berguna Sebagai Conditioner Alami
Apabila ingin mencoba untuk menggunakan conditioner alami, sebaiknya cobalah untuk menggunakan alpukat. Kandungan protein, vitamin E dan minyak nabati yang terdapat di dalam buah alpukat mempunyai kemampuan untuk menghaluskan rambut sehingga buah ini dapat digunakan sebagai conditioner alami. Caranya adalah, gunakan masker atau pasta alpukat untuk dioleskan secara menyuruh pada kulit kepala dan rambut, diamkan selama 10 – 15 menit kemudian bersihkan menggunakan shampoo. [2]
4.            Mengatasi Kerontokkan Rambut
Kerontokkan rambut disebabkan karena rambut kurang mendapatkan asupan nutrisi sehingga rambut menjadi rapuh, mudah patah dan rontok. Jika tidak segera diatasi, kerontokkan rambut akan menyebabkan terjadinya kebotakkan. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan menggunakan perawatan rambut dengan alpukat.
5.            Melembabkan Rambut
Kandungan minyak dan nutrisi lainnya yang terdapat di dalam alpukat dapat digunakan untuk melembabkan rambut. Selain itu, kandungan di dalamnya juga dapat digunakan untuk menutrisi rambut dan menjadikan rambut menjadi lebih sehat.
Setelah mengetahui manfaat alpukat untuk rambut, rasanya tidak lengkap jika belum mengetahui cara pembuatannya. Cara pembuatan masker alpukat cukup mudah untuk dilakukan, yaitu siapkan 1 buah alpukat, buanglah bijinya, ambilah dagingnya dengan menggunakan sendok untuk diletakkan ke dalam wadah atau mangkuk. Setelah itu, tambahkan sedikit air dan tumbuklah alpukat hingga halus seperti pasta atau bubur. Setelah sudah siap, oleskan secara perlahan-lahan pada seluruh bagian rambut secara merata. Diamkan selama beberapa saat, sekitar 10 – 15 menit, kemudian cucilah rambut menggunakan shampoo.




EmoticonEmoticon