Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil


Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil
Setiap pasangan yang sudah menikah pasti ingin mempunyai anak sebagai generasi penerus mereka. Ada fase yang harus dilalui untuk mendapatkan seorang anak, yaitu masa kehamilan. Pada saat hamil seorang ibu harus benar-benar menjaga kesehatan tubuhnya, karena dia juga mempunyai tanggung jawab untuk menjaga kesehatan janin di dalam rahimnya. Idealnya, masa kehamilan berlangsung selama 9 bulan 10 hari. Dengan waktu yang tak genap satu tahun tersebut seorang ibu hamil dituntut untuk selalu menjalankan pola hidup sehat, seperti mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janinnya, beristirahat dengan cukup dan melakukan olahraga secara teratur (disarankan untuk melakukan olahraga ringan. Apabila sudah menerapkan pola hidup sehat setiap hari, kemungkinan besar proses persalinan akan berjalan dengan normal dengan kondisi ibu dan bayi sehat.
Ada banyak makanan dan minuman yang dapat dipilih untuk melengkapi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil harus memastikan setiap kandungan nutrisi dari makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Salah satu jenis minuman yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah air kelapa.
Berdasarkan informasi yang diambil dari hamil.co.id, di dalam air kelapa terdapat kandungan zat dan senyawa yang bermanfaat untuk ibu hamil. Diantaranya adalah serat, protein, karbohidrat, asam folat, nacin, riboflavin, thiamin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, potassium, kalsium, sodium, magnesium, zat besi, mangan, zinc dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya. [1]
Dengan demikian, tak heran jika air kelapa disebut-sebut mempunyai banyak manfaat untuk ibu hamil. Oleh karena itu, ketahuilah beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang dianalisir dari bidanku.com. Inilah manfaat air kelapa untuk ibu hamil :
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil
1.       Berperan Sebagai Diuretik Alami
Selain menyegarkan ketika diminum, air kelapa juga berperan sebagai diuretik alami yang steril dan air kelapa juga sudah terbukti untuk memperlancar proses ekskresi urine sehingga dapat membantu menyehatkan saluran kemih.
2.       Penambah Energi
Sebagai minuman isotonik alami yang kaya akan kandungan mineral dan elektrolit, air kepala berfungsi untuk menghindari dehidrasi dan dapat digunakan untuk menambah energi ibu hamil agar tidak mudah merasa lelah.
3.       Membantu Pencernaan Selama Masa Kehamilan
Pada masa kehamilan, plasenta wanita akan menghasilkan hormon progesteron yang dapat membuat fungsi lambung menjadi terhambat, akibatnya kontraksi otot sistem pencernaan menjadi melambat. Untuk meningkatnya, dapat dilakukan dengan meminum air kelapa.
4.       Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik
Air kelapa tidak mempunyai kandungan kolesterol dan mempunyai kandungan lemak dalam jumlah yang sedikit. Dengan demikian, air kelapa mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam darah.
5.       Membuat Tubuh Menjadi Sehat
Asam laurat yang ditemukan di dalam air kelapa. Kandungan asam laurat ini mempunyai kesamaan sifat sama dengan ASI, yaitu sebagai anti-bakteri, anti-virus dan anti-virus, sehingga akan membuat ibu dan janinnya terbebas dari ancaman penyakit.
6.       Mengeluarkan Zat Racun di Dalam Tubuh
Sifat diuretik alami yang dimiliki oleh air kelapa mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan zat racun di dalam tubuh dalam bentuk urine, sehingga tubuh ibu dan janinnya terbebas dari zat-zat beracun yang berbahaya.
7.       Menjernihkan Air Ketuban

Mengkonsumsi air kelapa di bulan 6 – 9 masa kehamilan dapat menjernihkan air ketuban, sehingga proses persalinan menjadi lancar.


EmoticonEmoticon