Cara Sehat Mengusir Kantuk Tanpa Kopi di Pagi Hari

Cara Sehat Mengusir Kantuk Tanpa Kopi di Pagi Hari

Cara Sehat Mengusir Kantuk Tanpa Kopi di Pagi Hari
Cara Sehat Mengusir Kantuk Tanpa Kopi di Pagi Hari

Berikut ada beberapa cara sehat yang bisa Anda coba untuk mengusir kantuk tanpa kopi di pagi hari. Bahkan cara-cara ini pun bisa sekaligus mengenyahkan bad mood atau suasana hati buruk Anda di pagi hari. Selengkapnya, yuk simak uraian lengkapnya di bawah ini.

1. Dapatkan Udara Segar dan Sinar Matahari
Menghirup udara segar setelah bangun tidur bisa mengurangi rasa stres dan menghilangkan rasa pusing. Ditambah lagi dengan mendapatkan sinar matahari pagi, maka mood Anda akan jauh lebih baik. Rasa kantuk? Hilang sudah.

2. Lakukan Peregangan Tubuh
Menurut pengguna Quora Assaph Mehr, dikutip dari distractify.com, ketika kita tidur, detak jantung menurun. Akibatnya darah tak mengalir lancar ke otot-otot tubuh sehingga oksigen makin berkurang. Otot dan sendi juga terasa kaku karena kurang gerak. Untuk kembali melenturkan tubuh dan membuat darah mengalir lebih cepat dan tekanan darah meningkat, kita bisa lakukan peregangan tubuh (stretching). Saat oksigen lebih banyak mengalir ke otak, maka rasa kantuk bisa hilang dalam sekejap.

3. Mengonsumsi Buah Apel
Buah apel mengandung gula alami dan karbohidrat lain yang dapat menstabilkan gula darah. Selain apel, buah pisang dan jeruk juga bisa membuat tubuh Anda kembali berenergi di pagi hari. Anda bisa mengonsumsi apel dengan protein seperti Greek yogurt.


4. Minum Air Dingin
"Rasa dingin memicu stimulasi hormon adrenalin," kata Dr. Jacob Teitelbaum, penulis From Fatigued to Fantastic! Dengan minum air dingin, maka jantung akan berdetak lebih cepat, aliran darah akan mengalir hingga ke otak, dan mengatasi dehidrasi.

5. Mendengarkan Musik
Musik bisa mengalihkan perhatian Anda dari rasa sakit dan pusing. Selain itu, mendengarkan musik juga bisa meningkatkan mood, meningkatkan ketahanan tubuh, dan melancarkan efisiensi metabolisme tubuh. Jika di pagi hari Anda merasa mengantuk dan malas untuk mulai beraktivitas, cobalah untuk mendengarkan musik favorit Anda. Lalu gerakkan tubuh Anda sesuai dengan iramanya, maka kantuk pun bisa langsung diusir jauh-jauh.



EmoticonEmoticon