Ragam Obat Tradisional Batuk Berdahak

Ragam Obat Tradisional Batuk Berdahak


Ragam Obat Tradisional Batuk Berdahak
Ragam Obat Tradisional Batuk Berdahak

Masalah batuk berdahak sudah lama menjadi momok seseorang dalam masalah kesehatan. Ada dua jenis batuk yang sering mengganggu seseorang. Yang pertama adalah batuk kering dan yang kedua adalah batuk berdahak. Batuk berdahak bisa diatasi dengan obat tradisional. Kelebihan metode herbal jika dibandingkan dengan pengobatan konvensional adalah tidak adanya efek samping dari obat tersebut. Meskipun orang sudah lama mengenal pengobatan herbal ini, namun masih ada banyak orang yang belum paham apa saja pilihannya.

Beberapa alternatif pilihan yang paling sering dimanfaatkan sebagai obat herbal batuk berdahak adalah:

1.         Teh jahe untuk batuk berdahak
Seseorang bisa memanfaatkan irisan jahe untuk mencampurnya dengan teh. Teh jahe memiliki efek positif untuk mengatasi batuk berdahak dan faktanya usdah lama digunakan masyarakat luas diseluruh dunia terutama negara-negara Asia dan Indonesia. Cukup dengan mengkonsumsi teh jahe sebanyak 2 kali sehari, seseorang akan terbebas dari masalah batuk berdahak yang amat menggangu. Teh jahe sudah lama menjadi solusi untuk mengatasi batuk berdahak, semua orang bisa memperoleh teh tersebut dengan mudah juga.

2.              Buah belimbing wuluh.
Belimbing wuluh bisa digunakan sebagai ramuan alami untuk mengatasi masalah gangguan kesehatan terutama batuk berdahak. Namun jangan mencampur belimbing wuluh dengan es karena tenggorokan rentan terhadap es sehingga batuk berdahak akan menjadi lebih parah. Yang dapat ditambahkan adalah gula dan juga adas. Cara pengolahannya adalah dengan ditim lalu kemudian sudah bisa dikonsumsi jika sudah dingin. Ramuan tersebut sudah lama dipercaya orang sebagai pilihan herbal terbaik mengatasi batuk berdahak.

3.              Jeruk nipis.
Jeruk nipis sudah dikenal lama mampu dalam menyembuhkan batuk berdahak. 1 sdm perasan jeruk nipis bisa dicampur dengan 3 sdm madu dan air matang kemudian direbus. Jeruk nipis juga bisa dikonsumsi secara langsung dengan campuran kecap dan diminum sebanyak 2 kali sehari. Ada juga pilihan seperti kunyit yang dapat meredakan batuk berdahak secara cepat dan amat menguntungkan karena khasiat alaminya. Namun kunyit tidak begitu diminati karena rasanya yang tidak terlalu enak.
4.              Madu dan juga lada putih.

Lada putih memiliki efek yang bagus untuk meredakan dan juga menghilangkan batuk berdahak. Menyiapan lebih kurang 1 sendok madu murni lalu dicmapurkan dengan lada putih 2-3 buah, lalu diminum 2-3 kali dalam sehari. Yang perlu diperhatikan adalah campuran madu untuk menambah rasa manis pada obat tradisional batuk berdahak tersebut.


EmoticonEmoticon