Mengenal Penyakit Maag

Mengenal Penyakit Maag

Mengenal Penyakit Maag
Mengenal Penyakit Maag
Maag disebut juga radang lambung atau tukak lambung, yakni merupakan suatu gejala penyakit yang terjadi pada lambung akibat peradangan atau luka sehingga menimbulkan rasa mulas, sakit, dan perih pada perut. Penyakit maag bisa diderita oleh semua usia dan bisa sewaktu-waktu kambuh apabila penderita melakukan beberapa penyebab penyakit maag.
Mungkin Anda masih bingung, apa yang menjadi penyebab penyakit maag. 

Untuk itu, simak beberapa penyebab penyakit maag berikut ini :
1.      Pola makan yang tidak teratur
2.      Akibat mengonsumsi obat-obatan tertentu
3.      Kebiasaan mengonsumsi alkhohol
4.      Keberadaan mikroorganisme merugikan pada lambung
5.      Pola tidur tidak teratur
6.      Sering stress
Penyakit maag dibedakan menjadi dua jenis, yakni penyakit maag akut dan penyakit maag kronis. Dilihat dari tingkatan keparahannya, maag dibedakan menjadi tiga, yakni :
1.      Maag ringan bisa dikatakan berada dalam tahap yang ringan, yakni apabila dilakukan pemeriksaan maka akan terdeteksi kelebihan asam lambung pada bagian dinding lambung.
2.      Maag sedang, dimana penderita mulai merasakan sakit, mual dan nyeri yang membuat tidak nyaman.
3.      Maag kronis, dimana penderita akan merasakan nyeri, sakit dan mual dengan intensitas yang jauh lebih parah dibandingkan yang sedang.
Kanker lambung, yakni penyakit lambung yang terjadi akibat lambung terpapar mikroorganisme merugikan, yakni Bakteri Helycobacter pylori. Karena itu, segera lakukan pengobatan apabila mengalami beberapa gejala maag, yang diantaranya : rasa sakit pada saat buang air besar (BAB), perut sering merasa lapar, rasa kembung, mual dan muntah, rasa nyeri pada dada dan perut. Gejala maag akan semakin beragam pada penderita penyakit maag yang parah, sehingga sangat mengganggu dan menyebabkan penderita kesakitan.
Cara Mengobati Penyakit Maag
Sebenarnya, penyakit maag bisa disembuhkan secara total, namun penyakit maag bisa kambuh lagi sewaktu-waktu, apabila penderita melakukan salah satu penyebabnya, misalnya : makan tidak teratur, terlalu banyak makan, dan lain sebagainya. Untuk meredakan penyakit maag, penderita bisa mengonsumsi obat maag, yakni dua jam sebelum makan karena hal itu dapat membantu menetralisir asam lambung. Setelah makan, penderita bisa minum obat lagi setelah dua jam yang berfungsi melindungi lambung dari asam lambung yang sudah diproduksi setelah makan. Dengan demikian, asam lambung tidak akan menyebabkan luka dan menimbulkan rasa nyeri, perih atau sakit pada perut.
Upaya Pencegahan Penyakit Maag
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, sebelum penyakit maag menyerang Anda, ada baiknya lakukan upaya pencegahan dari penyakit maag, yang diantaranya :
Mengatur pola makan yang baik
Lakukan olahraga secara teratur
Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi, karena dapat menghambat pengosongan lambung, misalnya : keju, cokelat, gorengan, dan lain sebagainya.
Hindari mengonsumsi makanan yang menyebabkan timbulnya gas di lambung, misalnya : kentang, kubis, semangka, melon, dan lain sebagainya.
Hindari mengonsumsi semua makanan pedas
Hindari minuman alkhohol, kafein
Kurangi kebiasan merokok.
Hindari obat yang mengakibatkan dinding lambung teriritasi

Hindari terlalu stress


EmoticonEmoticon