Manfaat Tape Ketan Bagi Kesehatan

Manfaat Tape Ketan Bagi Kesehatan

Manfaat Tape Ketan Bagi Kesehatan
Manfaat Tape Ketan Bagi Kesehatan
Salah satu alasan yang dapat membuat negara Indonesia dicintai oleh masyarakat dalam negeri hingga luar negeri adalah karena keanekaragaman kulinernya. Kuliner nusantara memang terkenal dengan cita rasanya yang khas, sehingga berbeda dengan rasa yang ditawarkan dari santapan kuliner dari negara lain. Pada umumnya aneka makanan khas Indonesia dibuat dengan cara tradisional karena dianggap dapat menambah cita rasa dan aromanya. Tak hanya mempunyai cita rasa yang nikmat, beberapa makanan khas negara Indonesia juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tape merupakan salah satu jenis makanan yang jika dikonsumsi dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
Tape merupakan makanan yang dihasilkan dari proses fermentasi antara karbohidrat dengan ragi. Ada dua jenis tape, yaitu tape singkong dan tape ketan yang dibuat dengan komponen pangan berkabohidrat yang berbeda. Tape singkong terbuat dari hasil fermentasi antara singkong dengan ragi, sedangkan tape ketan terbuat dari hasil fermentasi dari beras ketan dengan ragi.
Kemudian, tape ketan terbagi menjadi 2 jenis sesuai dengan warna beras ketan yang digunakan yaitu tape ketan hitam dan tape ketan putih. Jika memilih membuat tape dengan ketan putih, hasilnya bisa dikreasikan menjadi berbagai macam warna sesuai dengan selera, yaitu cukup memasak beras ketan dengan pewarna makanan.
Tape ketan jarang dijual dipasaran karena biasanya masyarakat Indonesia, khususnya orang Jawa dan Sunda hanya membuatnya untuk disajikan pada acara-acara tertentu saja seperti perayaan pernikahan, perayaan desa dan acara syukuran. Oleh karena itu, jika ingin menikmati tape ketan sebaiknya cobalah membuatnya untuk menambah ilmu di bidang kuliner.
Kandungan asam laktat di dalam tape ketan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya pertumbuhan sel-sel kanker. Di dalam tape ketan terdapat kandungan zat besi tinggi sehingga dapat mengobati dan mencegah penyakit anemia. Tape ketan juga mempunyai kandungan serat tinggi yang dapat digunakan untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, di dalam tape ketan juga mempunyai sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan, apabila dikonsumsi secara teratur dapat menjaga kesehatan kulit.

Tape ketan merupakan makanan yang nikmat untuk dikonsumsi, terlebih lagi dalam keadaan dingin. Namun, jangan terlalu lama menyimpannya di dalam kulkas karena dapat mengubah kandungan nutrisi dan mikroba menjadi jahat sehingga dapat mengganggu kesehatan. Selain tape ketan untuk kesehatan ternyata pengobatan secara tradisional seperi bekam juga dapat membuat badan kita sehat .


EmoticonEmoticon