Manfaat rutin minum teh Hijau setiap hari

Khasiat Manfaat rutin minum teh Hijau setiap hari

Teh hijau telah lama dikenal sebagai pengganti minuman seperti kopi yang lebih sehat karena rendah kandungan kafein dan mengandung antioksidan alami yang sangat kuat yang disebut dengan polifenol. Antioksidan jenis ini tidak hanya membantu menyehatkan tubuh, kulit, dan rambut, tetapi juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.
Manfaat rutin minum teh Hijau setiap hari
Manfaat rutin minum teh Hijau setiap hari
Teh hijau juga merupakan pilihan yang sehat karena cara itu diproses . Teh hijau berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang hanya dikukus, sehingga mencegah hilangnya kandungan katekin. Sedangkan teh hitam atau teh oolong dibuat dari daun yang difermentasi, sehingga menyebabkan hilangnya senyawa anti oksidan. Teh hijau kini telah sangat populer di seluruh dunia, berbagai makanan, minuman, suplemen makanan kesehatan serta kosmetik sekarang banyak dibuat dari ekstrak teh hijau. Beberapa penelitian ilmiah di seluruh dunia menemukan bahwa yang minum teh hijau secara teratur lebih rendah memiliki resiko menderita sakit jantung dan bahkan kanker. Dibandingkan dengan teh biasa, teh hijau memiliki lebih sedikit kafein.Selain itu teh hijau lebih tinggi mengandung flavonoid yang memiliki sifat  antioksidatif dan anti karsinogenik.

Manfaat teh hijau bagi kesehatan :

1 . Mengontrol Berat Badan :
Obesitas adalah salah satu masalah terbesar diseluruh dunia saat ini. Gaya hidup yang dikombinasikan dengan kebiasaan makan junk food dan beberapa minuman dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang berhubungan dengan obesitas,  seperti penyakit jantung, sleep apnea, diabetes, hipertensi . Untuk mencegah hal ini terjadi pada kita, memasukkan teh hijau dalam diet sehari-hari kita akan sangat membantu. teh hijau mengandung antioksidan alami, yang dikenal dengan polifenol katekin. Bahkan, teh hijau mengandung sepuluh kali jumlah antioksidan yang bisa kita dapatkan dari buah-buahan dan sayuran.

2 . Menyegarkan nafas :
Hal ini karena teh hijau akan menghambat pertumbuhan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit gigi. Bakteri juga merupakan penyebab utama bau mulut. Yang perlu Anda lakukan adalah mencuci mulut Anda dengan konsentrasi tinggi teh hijau, dan itu akan menyegarkan mulut Anda secara langsung.

3 . Mengurangi Kolesterol :
Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh bisa menimbulkan risiko kesehatan Anda, terutama penyakit jantung dan stroke. Teh hijau mengandung tanin yang telah dikenal menurunkan kolesterol secara alami dalam tubuh. Tanin membantu mengurangi kolesterol LDL (low-density lipoprotein) dalam tubuh. LDL juga dikenal dengan ” kolesterol jahat ” , karena dapat menyebabkan plak di arteri, sehingga menyebabkan penyumbatan.

4 . Kulit yang sehat :
Anti oksidan juga bermanfaat bagi kulit, dan itu banyak terdapat dalam teh hijau. Teh hijau juga mengandung sejumlah senyawa yang membantu kulit menjadi bercahaya, dan manfaat ini bisa diperoleh dari meminumnya atau  penggunaan topikal. Formulasi kosmetik yang mengandung teh hijau adalah pilihan yang baik,  karena hal ini akan mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Polifenol dalam teh hijau dikenal dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan .

5 . Mengurangi reaksi alergi :

EGCG yang ditemukan dalam teh hijaumenghasilkan histamin dan imunoglobulin, yang merupakan senyawa yang termasuk menghasilkan respon terhadap alergi. Dengan demikian hal ini akan membantu menghentikan reaksi dari alergen tertentu.


EmoticonEmoticon