MANFAAT DAUN SIRIH UNTUK KESEHATAN

MANFAAT DAUN SIRIH UNTUK KESEHATAN

MANFAAT DAUN SIRIH UNTUK KESEHATAN
MANFAAT DAUN SIRIH UNTUK KESEHATAN
Daun sirih adalah salah satu jenis tanaman asli Indonesia yang tumbuh secara merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Pada zaman dahulu budaya kakek dan nenek kita sering mengunyah daun sirih bersama dengan gambir, pinang dan kapur, namun seiring dengan perkembangan zaman hal tersebut berangsur-angsur telah menghilang. Daun sirih mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan dan berbagai upacara adat. Manfaat daun sirih sangat banyak baik bagi kesehatan dan kecantikan, sehingga daun sirih dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam perawatan maupun penyembuhan berbagai penyakit.
Daun sirih memiliki zat atau senyawa yang memiliki kemampuan untuk membasmi kuman dan bersifat antifungi dan antioksidan. Selain itu daun sirih juga sering dipakai untuk mengobati penyakit, salah satu contohnya yaitu dengan merebus daun sirih untuk menghilangkan bau badan, batuk, jerawat, keputihan dan sebagainya. Ternyata tidak hanya itu saja manfaat daun sirih untuk kesehatan, masih banyak lagi manfaat lainnya yang perlu anda ketahui untuk mengobati berbagai penyakit ringan dan berbahaya. Berikut ini manfaat daun sirih bagi kesehatan :

1.Mengobati Kanker
Daun sirih dapat bermanfaat untuk mengobati kanker, anda dapat menggunakannya untuk mengobatinya dengan cara mengambil beberapa lembar daun sirih, kemudian rebus hingga airnya berkurang hingga 1/4 bagian, lalu ambil air hasil rebusan daun sirih tersebut, campurkan dengan madu. Minumlaj 3 kali sehari pada saat masih dalam keadaan hangat.

2. Melancarkan Buang Air Kecil
Daun sirih bersifat diuretik yang bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil. Jika anda mengalami penyakit susah buang air kecil, anda dapat mencoba menggunakan daun sirih untuk melancarkannya dengan membuat jus daun sirih. Caranya adalah dengan mencampurkan jus daun sirih dengan madu dan susu, kemudian diminum selama 1 minggu sekali.

3. Mengobati Mimisan
Jika anda sering mengalami mimisan atau terjadi pendarahan pada hidung, anda dapat menghentikannya dengan menggunakan daun sirih. Caranya dengan mengambil 1 lembar daun sirih yang agak muda, kemudian lumatkan, gulung sambil ditekan hingga keluar minyaknya. Setelah itu gunakan untuk menyumbat hidung hingga tidak keluar darah lagi.

4. Mengobati Luka Bakar
Jika anda mengalami luka akibat luka bakar, seperti terkena knalpot atau sebagainya anda dapat menggunakan daun sirih untuk mengobatinya. Caranya adalah dengan memeras daun sirih secukupnya, kemudian tambahkan sedikit madu, lalu bubuhkan pada bagian kulit yang luka akibat terbakar. Lakukan cara tersbeut hingga luka sembuh.

5. Mengobati Bronkitis

Anda mempunyai permasalahan dengan batuk bronkitis, anda dapat mencoba mengobatinya dengan menggunakan daun sirih dengan cara merebus 5 hingga 7 lembar daun sirih yang telah dicuci hingga bersih bersama dengan sepotong gula batu didalam 2 gelas air bersih. Tuggu sampai hingga tersisa satu gelas saja. Kemudian minum 3 kali sehari masing-masing sepertiga gelas.


EmoticonEmoticon