Manfaat Dan Khasiat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Khasiat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan
                Sambiloto (Andrographis paniculata) adalah tumbuhan khas daerah tropis yang dapat tumbuh dimana saja. Daun sambiloto digunakan untuk berbagai keperluan. Daun sambiloto ini mengandung senyawa andrographolide Andrographolide memiliki sifat melindungi hati (hepatoprotektif), dan terbukti mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol. Khasiat ini berkaitan erat dengan aktifitas enzim-enzim metabolik tertentu.  Senyawa ini terasa pahit, tapi memiliki sifat melindungi hati. Sambiloto memiliki manfaat dan khasiat daun sambiloto untuk kesehatan tubuh, kulit, sebagai obat jerawat tradisional, pengobatan untuk asam urat dan berbagai macam penyakit lainnya.
Penilitian membuktikan bahwa senyawa ini mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol. Senyawa ini juga berperan besar dalam menurunkan enzim CDK4 sehingga menekan pertumbuhan sel kanker. Senyawa andrographolide juga berkhasiat meninggalkan kekebalan tubuh. dan juga manfaat kulit manggis
Manfaat dan Khasiat Sambiloto Tanaman sambiloto digunakan untuk mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), kencing manis, dan terkena racun. kandungan senyawa kalium memberikan khasiat menurunkan tekanan darah. Hasil percobaan farmakologi menunjukan bahwa air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0,3 ml/kg berat badan dapat memberikan penurunan kadar gula darah yang sebanding dengan pemberian subpensi glibenclamid. Selain itu, daun sambiloto juga dipercaya sebagai obat penyakit tifus dengan cara mengambil 10-15 daun yang direbus sampai mendidih dan diminum air rebusannya.
Cara Pemakaian Daun Sambiloto :
1.      keringkan terlebih dahulu daun sambiloto sebanyak 10-20g, bisa direbus atau digiling  hingga halus lalu diseduh, minum 3-4 kali sehari atau 4-6 tablet apabila serbuk yang halus tadi dimasukan ke dalam kapsul.
2.      untuk mengobati kanker digunakan cairan infus, injeksi, atau tablet.

3.      Untuk pemakaian luar, daun segar direbus lalu airnya digunakan untuk cuci atau digiling halus dan dibubuhkan ke tempat yang sakit, seperti digigit ular berbisa, gatal-gatal, atau bisul.


EmoticonEmoticon