Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi

Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi


Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi
Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi
Selama menstruasi biasanya para wanita akan merasakan lelah hingga malas untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh para wanita saat menstruasi adalah nyeri dan juga kram pada perut. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya yaitu mengonsumsi makanan yang sehat saat menstruasi. Tak hanya menyehatkan tubuh, makanan sehat juga dapat mengatasi mood wanita yang turun akibat menstruasi serta menghilangkan stres. Maka dari itu, mulailah untuk mengonsumsi makanan yang tepat dan juga sehat. Hal ini dilakukan agar tubuh tetap sehat, fresh dan tidak mudah lelah saat periode haid tiba. Lalu, apa saja makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi? Berikut ulasannya.

Berikut Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi :

1.      Makanan yang Mengandung Zat Besi
Makanan sehat yang baik dikonsumsi selama menstruasi yang pertama adalah makanan yang mengandung zat besi. Seperti yang Anda ketahui, saat menstruasi tubuh akan kehilangan zat besi di dalam darahnya. Maka dari itu, seorang wanita yang sedang menstruasi sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Karena kurangnya zat besi di dalam tubuh dapat membuat tubuh mengalami kelelahan dan juga menurunkan kinerja tubuh. Sumber makanan yang kaya akan zat besi adalah kacang merah, sereal, kacang kedelai, kacang poling, kismis, bayam dan juga tahu.

2.      Buah-buahan
Saat menstruasi makanan yang sebaiknya Anda konsumsi adalah buah-buahan. Hal ini karena buah mengandung gula alami yang akan membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan gula yang tinggi selama menstruasi. Buah terbaik yang dapat Anda konsumsi adalah semangka. Selain menyegarkan, buah semangka juga bermanfaat untuk mengurangi kram pada perut serta dapat memperlancar aliran darah. Tak hanya semangka, Anda juga dapat mengonsumsi pisang untuk meningkatkan suasana hati yang tidak menentu selama menstruasi.

3.      Cokelat
Selanjutnya adalah cokelat. Sebaiknya Anda mengonsumsi cokelat yang mengandung biji kokoa sebesar 60% setiap harinya. Ini dikarenakan cokelat tersebut dapat membantu Anda untuk mengurangi rasa nyeri yang menyerang Anda. Tak hanya itu, kandungan antioksidan pada cokelat juga dapat membantu Anda untuk mengembalikan mood Anda menjadi lebih baik.

4.      Daging Tanpa Lemak

Seperti yang Anda ketahui, seorang wanita yang menstruasi pasti akan mudah lelah dan juga letih. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengonsumsi daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak berguna untuk meningkatkan energi selama haid dan juga mengatur aliran menstruasi agar tetap lancar. Selain itu, daging tanpa lemak juga kaya akan zat besi yang sangat diperlukan bagi tubuh selama haid.


EmoticonEmoticon