Makanan Berserat Tinggi yang Baik Untuk Tubuh

Makanan Berserat Tinggi yang Baik Untuk Tubuh


Makanan Berserat Tinggi yang Baik Untuk Tubuh
Makanan Berserat Tinggi yang Baik Untuk Tubuh
Menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Ada beberapa cara untuk manusia dalam menjaga kesehatan tubuhnya yaitu berolahraga, gaya hidup yang sehat dan tentunya menerapkan pola makan yang sehat dan teratur. Makanan yang kita konsumsi setiap hari haruslah makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Salah satu makanan yang kaya akan nutrisi adalah makanan yang kaya akan serat.

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Hal ini karena serat memiliki fungsi, seperti melancarkan sistem pencernaan manusia agar tetap sehat, menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal, mencegah kanker usus, mencegah penyakit jantung, diabetes dan juga lainnya. Mengingat betapa banyaknya fungsi serat dalam menjaga kesehatan tubuh kita, setiap orang wajib memenuhi kebutuhan serat 25 hingga 40 gram dalam setiap harinya. Nah, berikut adalah jenis makanan berserat tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jenis makanan berserat tinggi untuk menjaga kesehatan :

1.      Oatmeal
Yang pertama adalah oatmeal. Oatmeal merupakan salah satu makanan yang terbuat dari gandum. Kandungan beta glucan dalam oatmeal ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu saja, oatmeal merupakan campuran yang baik bagi serat tidak larut dan larut. Serat tidak larut bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan. Sedangkan serat larut berguna untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

2.      Sayuran hijau
Makanan yang kedua adalah sayuran hijau. Seperti yang Anda ketahui sayuran merupakan makanan yang kaya akan serat dan sangat baik untuk tubuh. Menurut para ahli gizi, sayuran yang kaya akan serat dan beta karoten adalah bit hijau, bayam, lobak hijau dan brokoli. Dalam satu cangkir penyajian, makanan tersebut memiliki kandungan serat 4 hingga 4 gram.

3.      Jambu biji merah
Makanan kaya serat yang selanjutnya adalah jambu biji merah. Jenis buah yang satu ini sangatlah nikmat jika dinikmati dalam bentuk jus buah ataupun dikonsumsi secara langsung. Dalam 100 gram bahan, jambu biji merah mengandung kadar serat 7,3 gram. Sehingga jambu biji merah sangatlah efektif untuk melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin A, C, magnesium dan juga fosfor dalam jambu biji juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

4.      Alpukat
Sama halnya dengan jambu biji merah, alpukat juga merupakan jenis buah yang sangat nikmat jika dikonsumsi sebagai jus buah. Kandungan serat di dalamnya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Tak hanya itu saja, alpukat juga sering digunakan sebagai terapi kecantikan yaitu daging buahnya dapat Anda gunakan sebagai masker.
5.      Buah kiwi
Buah yang berasal dari China ini memang kaya akan serat. Maka jangan heran jika banyak orang yang memanfaatkan buah kiwi sebagai cemilan ataupun sebagai jus yang menyegarkan. Jika dibandingkan dengan buah lainnya, buah kiwi mengandung serat yang paling tinggi. Tak hanya kaya serat saja, buah kiwi juga mengandung vitamin C yang dapat menguatkan daya tahan tubuh.

6.      Roti dan pasta gandum
Makanan berserat tinggi selanjutnya adalah roti dan pasta gandum. Kedua makanan ini merupakan makanan pengganti nasi untuk diet yang dapat dicoba. Hal ini dikarenakan roti dan pasta gandum mempertahankan gizi dan serat. Sehingga mengonsumsi makanan ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan serta menjaga berat badan tetap ideal.

7.      Jagung
Sama halnya dengan roti gandum,  jagung juga salah satu makanan pengganti nasi yang sehat dikonsumsi dalam setiap harinya. Dalam setengah cangkir biji jagung mengandung 2 gram serat. dan dalam tiga cangkir popcorn tanpa bumbu dan garam mengandung serat seiktar 3,5 gram. Selain serat, jagung juga kaya akan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.



EmoticonEmoticon