Khasiat Dan Manfaat Kulit Manggis

Khasiat Dan Manfaat Kulit Manggis

Khasiat Dan Manfaat Kulit Manggis
Khasiat Dan Manfaat Kulit Manggis
Buah Manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan salah satu buah yang sangat banyak memiliki khasiat dan manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Dibalik kulitnya yang keras dan berserat, ternyata terdapat sebuah kandungan dan manfaat yang sangat membantu untuk kebutuhan kesehatan tubuh kita. Ekstrak dari kulit buah manggis ini sangat mempunyai banyak manfaat yang berguna untuk menyembuhkan berbagai macam- macam penyakit.
Kulit buah mangis atau ekstrak kulit buah manggis mengandung Xanthone, Penelitian menunjukkan, xanthone memiliki sifat : antidiabetes, antikanker, anti-peradangan, hepatoprotektif, meningkatkan kekebalan tubuh, aromatase inhibitor, antibakteri, antiplasmodial, antifungi, dan memiliki aktivitas sitotoksik. Xanthone juga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Staphylococcus aureus adalah salah satu bakteri yang banyak terdapat pada makanan, Bakteri ini ada di mana-mana, dan di tubuh manusia terdapat di kulit tangan, hidung, dan mulut. Dan ia sangat mudah mengontaminasi. Bakteri ini memproduksi toksin yang stabil terhadap pemanasan, tahan terhadap aktivitas pemecahan oleh enzim-enzim pencernaan, dan relatif resisten terhadap pengeringan. Ia juga memproduksi hemolisin, toksin yang dapat merusak dan memecah sel-sel darah merah.
Selain itu kulit buah manggis mengandung mangostin. Mangostin merupakan tipe baru dari histamin. Mangostin yang merupakan hasil isolasi dari kulit buah manggis mempunyai aktivitas antiinflamasi dan anti oksidan.
Zat antioksidan dan antimikroba dari kulit buah ini berhasiat dalam hal menetralkan asam lambung , membunuh kuman penyakit dan bakteri-bakteri merugikan sehingga sistem pencernaan didalam tubuh tetap lancar. Kulit manggis mengandung Antioksidan alami yang sangat berguna bagi jaringan sel tubuh manusia sehingga tampak lebih awet muda. Manfaat kulit manggis juga berperan dalam penyerapan metabolisme protein dan karbohidrat sehingga membantu menjaga stamina tubuh selalu tetap fit. Antioksidan dapat mengakhiri reaksi berantai dan meperlambat atau menghambat reaksi ini dengan menghapus intermediet radikal bebas, dan menghambat reaksi oksidasi lainnya. Jika kadar antioksidan dalam tubuh rendah, akan membuat tubuh sulit mengontrol kandungan nutrisu dan vitamin C yang terdapat dalam tubuh.

Antioksidan telah diteliti dan sedang dikembangkan untuk suplemen makanan dan untuk pencegahan penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung koroner, stroke, diabetes dan sebagainya. Namun penggunaan antioksidan ini harus tepat dan sesuai dosis agar mendapatkan hasil yang maksimal. Apabila mengkonsumsi telalu banyak antioksidan akan mengganggu kesehatan dan terganggunya organ dalam tubuh. Zat antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis ini sangat bermanfaat, tentunya bagi sistem kekebalan tubuh .

Kandungan – kandungan yang terdapat pada ekstrak kulit manggis sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita , selain itu ekstrak kulit manggis yang sebagian besar dianggap limbah, telah digunakan sebagai alternatif obat herbal yang difungsikan utama untuk membantu konsumen sebagai obat yang mampu membasmi penyakit – penyakit yang di alami dan dapat diatasi dengan herbal ekstrak kulit mangis. Begitu banyak khasiat dan manfaat dari ekstrak kulit manggis, secara tidak sadar banyak yang belum menyadari akan manfaat dari kandungan ekstrak kulit manggis dan seakan menjadikan kulit dari buah manggis sebagai limbah, tanpa disadari begitu banyak manfaat yang terdapat di ekstrak kulit buah ini. 


EmoticonEmoticon