Cara Mudah Mengecilkan Pori Wajah

Cara Mudah Mengecilkan Pori Wajah

Cara Mudah Mengecilkan Pori Wajah
Cara Mudah Mengecilkan Pori Wajah
Banyak persoalan kulit wajah yang kerap dialami oleh perempuan. Salah satunya adalah membesarnya pori-pori wajah. Selain kurang sedap dipandang, pori-pori wajah yang besar dapat membuat kulit tampak kusam dan tidak terawat. Penyebab pori-pori wajah membesar antara lain adalah kulit yang kotor, minyak berlebih, terkena sinar ultraviolet secara berlebihan, maupun faktor usia. Berikut ada tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah membesarnya pori-pori wajah, simak yuk!

1. Rutin membersihkan wajah
Kotoran yang menumpuk lama-lama akan membuat pori wajah yang tadinya kecil menjadi terbuka. Semakin terbuka maka semakin mudah pula kotoran menempel di wajah. Akibatnya, pori-pori wajah kian membesar hingga menjadi semakin sulit untuk diberikan perawatan.
2. Hindari paparan langsung sinar matahari
Paparan langsung sinar matahari dapat membuat pori wajah membesar, oleh karena itu hindari hal ini. Lapisi wajah dengan bedak atau krim pelindung sebelum keluar rumah pada siang hari. Gunakan pula payung atau topi untuk membuat perlindungan ekstra bagi kulit wajahmu.
3.  Kombinasi air hangat dan air dingin
Ketika membersihkan wajah, sebaiknya gunakan air hangat untuk membuka pori-pori wajah. Kotoran akan terangkat lebih baik dengan air hangat. Kemudian lanjutkan proses pembersihan dengan cairan pembersih wajah dan sabun, lalu bilas bersih. Setelah itu lanjutkan pembilasan berikutnya dengan air dingin. Kamu juga bisa menggunakan es batu lho untuk kembali merapatkan pori-pori.
4. Perawatan alami
Banyak pula cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan merawat pori-pori wajah. Bahan-bahan alami seperti mentimun, tomat, putih telur, papaya, oatmeal, baking soda maupun jeruk lemon dapat kamu pergunakan lho!  Buat masker sederhana dengan menghaluskannya kemudian aplikasikan di wajah secara rutin.
5. Hilangkan minyak di wajah

Jangan pernah membuat minyak di wajah bertumpuk dan tidak dibersihkan. Kurangi minyak di wajah dengan kertas minyak, tissue, maupun rajin mencuci muka. Kamu juga bisa mengimbangi dengan pola hidup sehat, seperti menghindari konsumsi makanan berlemak serta memperbanyak minum air putih.


EmoticonEmoticon