Sayuran Yang Baik Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

Sayuran Yang Baik Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

Sayuran Yang Baik Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil
Sayuran Yang Baik Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

    Apakah Anda sedang hamil? Sudahkah Anda mengkonsumsi sayuran hari ini?

            Saat hamil penting untuk seorang ibu hamil mengkonsumsi sayuran karena mengandung banyak zat yang sangat diperlukan untuk membantu perkembangan janin. Sayuran hijau lebih mengandung banyak vitamin, seperti zat besi dan lain sebagainya.



Lalu apa sajakah sayuran yang baik untuk ibu hamil?

1.      Brokoli dan bayam
Sayuran ini memiliki vitamin dan nutrisi yang melimpah.Brokoli dan bayam kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin K, asam folat yang sangat bermanfaat bagi bayi saat di dalam kandungan, dan termasuk juga bermanfaat bagi ibu hamil.
2.      Daun Singkong
Daun singkong juga mempunyai warna hijau tua.Daun singkong merupakan sayuran untuk ibu hamil yang kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan tersebut sangat berfungsi dalam melawan serangan radikal bebas.
3.      Daun Katuk
Daun katuk sangat berkhasiat dalam melancarkan pancaran Air Susu Ibu (ASI).Hal ini dibuktikan dengan banyak produk susu khusus ibu hamil dan ibu menyusui yang mengandung daun katuk.
4.      Kedelai Jepang
Kedelai ini memang berasal dari negara Jepang. Kedelai Jepang ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada kedelai pada umumnya. Sayuran untuk ibu hamil ini kaya akan kandungan vitamin C, vitamin K, fosfor, kalium, mangan, protein, riboflavin, magnesium dan zat besi. Kedelai Jepang ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil, karena mengandung protein tinggi yang bisa menggantikan protein pada ikan, daging, ayam dan protein hewani lainnya.
5.      Kangkung
Kangkung mampu mengobati atau mengatasi diabetes selama masa kehamilan.Kangkung juga sangat cocok bagi ibu-ibu yang sedang menyusui, karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam kangkung mampu memperlancar ASI.
6.      Labu siam
Sayuran untuk ibu hamil yang memiliki banyak khasiat karena kandungan serat yang terdapat di dalamnya. Serat tersebut dapat membantu dalam mengatasi masalah pencernaan yang seringkali dialami oleh ibu hamil. Kandungan asam folat di dalam labu siam sangat baik untuk janin selama kehamilan, dan dapat mengurangi resiko kelahiran bayi cacat.
7.      Kacang panjang
Jenis kacang-kacangan merupakan jenis sayuran yang baik di konsumsi untuk tubuh.Salah satunya adalah kacang panjang.Kacang panjang memiliki kalori yang rendah dan memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan ibu hamil.Kandungan serat pada kacang panjang mampu melancarkan pencernaan. Kacang panjang kaya akan kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun. Selain itu, kacang panjang memiliki kandungan zat besi yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil.
8.      Terong ungu
Terong ungu adalah sayuran untuk ibu hamil yang banyak memiliki kandungan asam folat.Asam folat tersebut berperan dalam mencegah kerusakan otak bayi di dalam kandungan.Terung ungu mengandung zat besi, serat kalori, vitamin B1, B2, C dan juga protein yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.
9.      Jagung

Jagung merupakan sayuran untuk ibu hamil yang dapat langsung dikonsumsi, baik di rebus atau dibakar.Jagung memiliki vitamin B12 yang mampu mencegah anemia dan juga mempertahankan keseimbangan tubuh.Selain itu kandungan kalium yang terdapat di dalam jagung dapat berperan dalam menjaga keseimbangan, sehingga organ tubuh dapat berfungsi dengan tepat.Slain itu, jagung juga dapat menjadi sumber protein yang membantu dalam membentuk jaringan otot baru.Sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi ibu hamil


EmoticonEmoticon