Perawatan Payudara Saat Hamil

Perawatan Payudara Saat Hamil

Perawatan Payudara Saat Hamil
Perawatan Payudara Saat Hamil
Untuk mengurangi sakit saat menyusui maka diperlukan perawatan payudara sejak masa kehamilan. Ada beberapa wanita yang mengabaikan masalah perawatan ini karena malas, takut atau karena tidak tahu manfaat dari perawatan ini. Payudara yang dirawat sejak masa kehamilan akan membuat produksi ASI cukup dan bentuk payudara terjaga. Saat kehamilan 3-4 bulan anda perlu untuk memeriksa puting susu dengan cara memijit dasar puting susu perlahan. Puting susu yang baik menonjol keluar tapi jangan kuatir karena puting yang datar atau masuk pun dapat menyusui. Lakukan pengurutan saat usia kehamilan 4 bulan untuk puting yang masuk atau datar dengan cara gunakan kedua telunjuk atau ibu jari untuk mengurut mulai dari daerah di sekitar puting susu ke arah dasar payudara. Ada 3 langkah perawatan yang perlu untuk dilakukan pada umur kehamilan 5-9 bulan, yaitu :

1. Pemijatan
Lakukan saat mandi
Siapkan dalam baskom air hangat.
Basahi kedua telapak tangan dengan minyak kelapa atau pakai baby oil
Untuk memudahkan membersihkan kotoran dan kerak pada puting susu dan aerola lakukan pengompresan payudara dengan minyak kelapa
Urut daerah sekeliling payudara memutar searah dan berlawanan jarum jam sebanyak 20 kali, gunakan kedua tangan saat mengurutnya
Payudara dipegang dengan kedua tangan lalu diurut ke arah puting susu
Bersihkan dengan menggunakan air hangat lalu air dingin, keringkan dengan handuk bersih
2. Senam Teratur

Senam diperlukan untuk memadatkan payudara dan merangsang produksi asi. Senam dapat dilakukan sebelum atau sesudah mandi. Dalam posisi berdiri tangan bersidekap (tangan kanan memegang lengan kiri dekat siku begitu pula sebaliknya). Tekan kuat kearah dada sehingga tarikannya terasa pada otot didasar payudara. Atau bisa juga melakukan senam dengan cara pegang bahu kemudian putar siku kedepan, keatas, belakang dan kembali kedepan lagi.
3. Pakai Bra Yang Pas

Yang terakhir dan tak kalah penting adalah pakai bra yang pas, usahakan tidak terlalu longgar atau ketat. Fungsi dari bra adalah untuk menopang perkembangan payudara. Pilih dari bahan katun agar menyerap keringat, tali penyangga sebaiknya dipilih yang lebar agar peyudara dapat tersangga dengan baik. Bra berpenyangga kawat bisa dipakai untuk payudara besar agar payudara tidak turun dan membentuk lipatan dibagian bawah payudara.


EmoticonEmoticon