Hidup Sehat Tanpa Penyakit Lambung

Hidup Sehat Tanpa Penyakit Lambung

                Hampir setiap orang saat ini, terkena penyakit yang satu ini. Biasanya dikarena rutinitas yang padat dan susahnya membagi waktu sehingga sering makan terlambat. Kebiasaan makan terlambat mampu memacu pengeluaran asam  lambung lebih tinggi. Asam lambung ini kemudian melukai dinding lambung dan menyebabkan penyakit lambung. Penyakit ini dapat diperparah dengan kemunculan bakteri yang masuk bersamaan dengan makanan. Bakteri tersebut menginfeksi lambung sehingga menyebabkan luka pada dinding lambung kian parah.
Hidup Sehat Tanpa Penyakit Lambung
Hidup Sehat Tanpa Penyakit Lambung
Penyakit ini sering identik dengan sakit maag yang memiliki tanda-tanda atau gejala. Penyakit lambung dan gejalanya sangat mudah dikenali. Adapun tanda-tandanya adalah :

1.         Rasa nyeri dan perih pada lambung, terutama saat mulai lapar. Bisa jadi membaik atau malah memburuk saat setelah makan
2.         Mual dan muntah
3.         Rasa penuh pada perut bagian atas setelah makan

Jika sudah mengenali gejalanya, maka lebih baik melakukan pengobatan diawal sebelum kondisi lambung menjadi parah. Penyakit lambung dan obatnya bisa dikonsultasikan dengan dokter. Dokter  biasanya akan menyarankan untuk mengkonsumsi obat yang mampu menetralkan asam lambung.
 Ada beberapa hal penting untuk diketahui dan bisa menjadi faktor pendukung utama kesembuhan seorang penderita maag yaitu dengan pola hidup sehat. Berikut beberapa metode hidup sehat yang bisa dilakukan untuk mendukung penyembuhan sakit maag, yaitu :

1.       Menjaga pola makan. Makan secara teratur mampu mengurangi kadar asam lambung. Karena masuknya makanan ke dalam lambung akan dicerna oleh asam lambung sehingga zat asam tersebut tidak sempat melukai dinding lambung.
2.       Perbanyaklah makan makanan sehat seperti buah dan sayur. Buah yang baik untuk penderita maag adalah pisang. Pisang baik dimakan sebagai pengganjal rasa lapar karena kandungan potassium yang besar menghasilkan energi yang besar pula. Lebih aman mengkonsumsi pisang dari pada roti tawar.
3.       Hindari makan makanan yang asam dan mengandung gas tinggi

4.       Perbanyaklah minum air putih yang mampu menetralkan asam lambung berlebih


EmoticonEmoticon